Semangat Kerja Meningkat Dengan 5 Tips Dekorasi Ruang Kerja

Meninggalkan kenyamanan rumah untuk pergi ke kantor, memang membutuhkan usaha dan semangat besar. Tak jarang apabila kalian merasa malas atau nggak mood mengawali hari berangkat ke kantor. Terutama saat kondisi sekitar tak mendukung, seperti sedang hujan, macet, dan lain sebagainya.

Daripada kerja nggak produktif, kalian dapat menyiasatinya dengan mendekorasi ruang kerja agar semakin cozy. Dengan dekorasi tepat, suasana ruang kerja terasa homey. Kalian pun makin semangat bekerja sepanjang hari. Beberapa tips dekorasi ruang kerja berikut ini dapat kalian ikuti. Ini berlaku untuk ruang kerja di mana pun, baik ruang kerja di rumah maupun di kantor.


1. Memilih Furniture Ruang Kerja Yang Tepat

Keberadaan furniture ruang kerja sangatlah penting. Jangan sembarangan memilih furniture ruang kerja. Alih-alih semakin semangat bekerja, kesalahan memilih furniture ruang kerja mengakibatkan produktfitas menurun.

Furniture di ruang kerja memberikan pengaruh terhadap produktifitas bekerja. Jadi, jangan asal memilih furniture di ruang kerja
Memilih Furniture Ruang Kerja Yang Tepat

Beberapa furniture utama ruang kerja antara lain meja kerja, kursi, dan lemari. Mulai dari pemilihan meja kerja. Kalian dapat memilih meja kerja yang memiliki permukaan luas dan dapat menampung peralatan kerja kalian, seperti komputer, printer, dan alat tulis. Namun, kalian harus tetap menyisakan space untuk menulis. Ukuran meja kerja ideal memiliki panjang sekitar 120-160 cm dan tinggi 70-75 cm. Meja yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat mengganggu kosentrasi bekerja dan tentunya dapat menimbulkan masalah tulang belakang.

Ada banyak pilihan meja kerja saat ini. Kalian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah produk Activ Furniture Galant MTO 163. Permukaan halus dan luas dapat menampung peralatan kerja kalian. Desainnya juga minimalis, sehingga tidak banyak makan space ruangan. Kalian juga dapat menyimpan dokumen-dokumen dan perintilan kerja lainnya di 5 laci yang tersedia di produk ini.

Selain meja kerja, kursi juga memiliki fungsi krusial. Pilihlah kursi kerja yang mendukung aktivitas kerja kalian. Desain yang ideal adalah kursi yang membuat kalian tetap nyaman duduk berjam-jam, tanpa mengakibatkan sakit punggung. Seperti halnya kursi KENT KD 104. Bentuk kursi sudah didesain sedemikian rupa sehingga membuat kalian betah duduk berlama-lama. Tidak hanya meja dan kursi, lemari juga dibutuhkan dalam ruang kerja untuk menampung buku-buku kalian. Dalam hal ini, lemari buku LOTUS BC 80 juga dapat menjadi pertimbangan. Produk tersebut memiliki ruang penyimpanan yang luas. Ada ruang terbuka, ada juga ruang tertutup. Selain tiga perabot tersebut, kalian dapat menambahkannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun, kalian tetap harus memperhatikan space ruang kerja yang tersedia.


2. Menggunakan Aroma Terapi Yang Menenangkan

Aroma harum dapat mengubah mood kalian saat berada di dalam ruang kerja. Tahukah kalian bahwa penciuman adalah indera terkuat dan mampu mempengaruhi aktivitas otak. Dengan begitu, kalian dapat menambahkan aroma terapi yang dapat merangsang semangat bekerja.

Pilihlah aroma yang kalian sukai, baik itu dalam bentuk minyak esensial maupun lilin aroma terapi. Sebaiknya kalian memilih aroma yang tidak terlalu menyengat, agar tidak mengganggu teman kerja lain ya.


3. Menciptakan Kehangatan Dengan Tanaman Hijau

Tanaman yang cantik dipercaya mampu membantu kalian merasa tenang. Karena itulah, elemen tanaman hijau perlu ditambahkan dalam ruang kerja. Adanya tanaman dalam ruangan juga menciptakan udara bersih dan sejuk, sehingga semakin nyaman di dalam ruangan.

Visual tanaman saat ini memiliki kreatifitas tinggi. Tidak hanya ditanam di pot saja, ada juga dalam bentuk terrarium dengan berbagai macam bentuk. Kalian dapat menemukan tanaman hijau sesuai dengan selera. Namun, jika termasuk tipe orang yang merasa susah merawat tanaman hidup, kalian dapat membeli tanaman hijau palsu. Jangan memaksakan membeli tanaman hidup, jika nantinya tidak mendapatkan perawatan maksimal.


4. Tetap Terhubung Dengan Cahaya Alami

Adanya cahaya memiliki dampak signifikan terhadap desain ruangan, sekaligus sangat menentukan bagaimana ruangan dirasakan. Ini adalah elemen penting untuk membangun suasana ruang kerja nyaman.

Cahaya putih yang sejuk dapat merangsang dan meningkatkan kosenterasi bekerja. Sehingga tepat diletakkan di ruang kerja, baik di rumah maupun di kantor. Selain itu, warna cahaya putih juga membuat ruangan tampak lebih luas.

Kalian dapat menggunakan cahaya alami dari sorotan jendela. Kalian dapat menata meja kerja berhadapan dengan jendela. Tambahkan tirai untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Jangan sampai intensitas cahaya yang masuk terlalu banyak atau terlalu sedikit, sehingga mengganggu proses kerja.

Sorotan sinar matahari membuat ruangan tampak lebih luas dan nyaman.
Cahaya Alami Membuat Ruang Kerja Nyaman

Namun, jika tidak memungkinkan, kalian dapat memanfaatkan cahaya lampu dengan warna putih. Sedangkan warna yang hangat, seperti cahaya kuning, dapat menambah kesan nyaman di dalam ruangan. Di kantor, lampu dengan cahaya kuning seringkali diletakkan di ruang istirahat atau ruang santai.

Pencahayaan, baik warna maupun intensitasnya, yang dirancang dengan baik, mampu menghadirkan suasana ruangan kerja yang nyaman. Dengan begitu, kalian semakin semakin bekerja.


5. Personalisasi Dalam Dekorasi Ruang Kerja

Penting untuk menambahkan pernak-pernik yang mencerminkan kepribadian kalian. Ada banyak cara, antara lain membawa foto keluarga lantas meletakkannya di atas meja kerja. Selain itu, kalian juga dapat menambahkan wall art kesayangan dan gambar maupun tulisan dalam pigora, yang mampu memotivasi kalian dalam bekerja. Unsur-unsur personal itu dapat menciptakan feel like home.

Berdasarkan beberapa penelitian, kenyamanan tempat kerja adalah faktor terpenting dalam membentuk kesejateraan karyawan di kantor. Tapi, mungkin kalian tidak bebas mendekorasi ruang kerja di kantor dibandingkan ruang kerja di rumah. Namun, hal ini tidak mampu membatasi kalian dalam mengekspresikan diri. Kalian tetap dapat dekorasi ruang kerja di kantor, namun tetap menaati peraturan yang ada.


Tips Dekorasi ruang kerja dapat dilakukan sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya.


Kehidupan Lebih Baik, Dimulai Sekarang!

38 views

Recent Posts

See All