Rumah Sehat, Aktivitas Makin Semangat

Musim lagi nggak menentu ini. Terkadang panas terik, terkadang langsung hujan deras. Pastinya kondisi seperti itu dapat memicu banyak penyakit muncul. Jadi nggak ada salahnya untuk melakukan pencegahan nih bestiee.

Bagaimana caranya? Tentu saja dengan cara menciptakan lingkungan rumah yang sehat dan nyaman. Rumah adalah tempat di mana paling sering kita menghabiskan waktu sehari-hari. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat lingkungan rumah selalu bersih. Kalau rumah bersih, peluang besar untuk kuman dan sarang penyakit tidak akan muncul. Hidup pun akan lebih sehat.

Lingkungan besih menciptakan rumah sehat. Maka secara otomatis akan memberikan pengaruh terhadap kenyamanan beraktivitas. Jadi mulailah menciptakan lingkungan bersih sekarang juga
Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih

Ada banyak cara membersihkan rumah. Tenang, tidak ribet kok. Tidak pula perlu waktu berjam-jam, kalian hanya perlu melakukan secara rutin. Jadwalkan kegiatan membersihkan rumah ini setiap hari ya. Apa saja? Kalian dapat mengikuti trik menciptakan rumah sehat dan nyaman berikut ini.


Menyapu Tiap Hari, Lantai Makin Bersih

Kuman dan kotoran bisa datang setiap waktu, tanpa diundang. Jadi tidak ada salahnya bila kita selalu melakukan aksi pencegahan. Langkah mudah yang dapat kita lakukan adalah menyapu lantai. Idealnya, menyapu lantai seluruh penjuru rumah dilakukan setiap hari, 1-2 kali. Tergantung kondisi rumah kalian masing-masing.

Jangan lupa juga untuk mengagendakan mengepel lantai. Karena lantai nggak hanya butuh disapu, namun juga perlu dibersihkan lebih mendalam. Ya, dengan cara mengepel lantai.

Ini wajib dilakukan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang sudah melekat di lantai. Kegiatan menyapu maupun mengepel ini memang butuh effort yang kuat ya. Apalagi jadi agenda rutin setiap hari.

Tenang saja, kalian bisa membuat sesuatu yang bikin semangat untuk menyapu dan mengepel. Misalnya saja nih, kalian bikin notes penyemangat "Hidup Sehat Dimulai Dari Rajin Menyapu." Lalu, tempelkan catatan-catatan itu di sudut di mana kalian sering lewati. Adapun cara lainnya, kalian juga bisa mendengarkan musik sambil menyapu maupun mengepel. Dijamin kalian semakin semangat dan rajin menyapu maupun mengepel di rumah.


Menjaga Kesehatan Dengan Kemoceng Dan Lap Basah

Alat bersih-bersih ini digunakan untuk membersihkan bagian-bagian perabot rumah. Seperti lemari, rak tv, meja tamu, dan lain-lain. Debu maupun kotoran mudah menempel di mana saja. Termasuk di perabot rumah. Kalian dapat menggunakan kemoceng untuk kotoran kering. Lap basah dipakai untuk kotoran basah atau melekat di perabot.

Namun, tidak cukup di situ saja ya bestiee. Sesekali kalian juga perlu menyemprotkan disinfektan untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Ini pastinya penting untuk memastikan lingkungan kalian benar-benar sehat ya.

Dengan rutin melakukan bersih-bersih, secara otomatis dapat menjaga keawetan furniture-furniture di rumah. Pastinya nggak mau kan kalau furniture kesayangan cepat rusak. Hanya dikarenakan kita malas merawatnya.

Pembersihan ini dilakukan untuk semua furniture di rumah. Sebab, setiap kondisi ruangan pastinya memiliki masalah yang berbeda. Gampang muncul jamur pada furniture di ruangan tertutup atau lembab. Sementara itu, masalah kotoran dan debu yang sering ditemukan pada perabot di ruang terbuka.

Jangan Membiarkan Sampah Menumpuk

Nanti saja deh buangnya. Besok saja deh dibersihkan. Hayoo ngaku siapa yang suka menunda untuk membuang sampah? Kalau malas membuang sampah, ini bakal jadi masalah sendiri. Terutama bagi kesehatan kalian dan keluarga yang tinggal di rumah.

Sampah yang menumpuk akan memicu timbulnya kuman dan sarang penyakit di rumah.

Tentu saja, kalian tidak mau menanggung resikonya bukan? Jadi sebaiknya kalian rutin membuang sampah di tempat pembuangan di luar rumah. Bahkan jangan menunggu sampai menumpuk, agendakan rutin setiap hari.

Rutin Membersihkan AC Dan Kipas Angin

AC (Air Conditioner) dan kipas angin juga bisa menjadi sumber penyebaran penyakit lho. Kondisi AC dan kipas angin memberikan pengaruh terhadap kualitas udara di lingkungan rumah.

Kalau dua benda ini kotor, ya pastinya kualitas udara di dalam ruangan akan terganggu. Jadi sebaiknya kalian rutin membersihkan AC dan kipas angin di rumah. Lakukan minimal 1 bulan sekali ya. Kalau kalian merasa susah melakukan sendiri, ada banyak jasa pembersih AC loh. Jadi tidak ada asalan lagi untuk mengabaikan kebersihan AC dan kipas angin.


Jangan Lupa Rutin Ganti Sprei

Sprei di kamar tidur menjadi item penting yang perlu diperhatikan. Terutama soal kebersihannya. Kalian pastinya menggunakan sprei untuk tidur maupun istirahat setiap hari. Penggunaan setiap hari ini akan memicu timbulnya kuman maupun penyakit.

Sprei adalah item yang kalian gunakan sehari-hari untuk beristirahat di kamar tidur. Jadi sangat penting untuk memastikan kebersihan sprei. Sehingga kualitas tidur dan keseharan tubuh terjaga
Rutin Mengganti Sprei Adalah Sebuah Permulaan Hidup Sehat

Sebab itu, sebaiknya kalian mengganti sprei di kamar tidur secara rutin. Setidaknya 2 minggu sekali ya. Selain itu menjaga kesehatan, sprei yang bersih akan membuat istirahatmu makin nyaman.


Satu Sumber Kuman Lagi: Karpet!

Karpet menjadi salah satu item yang sering diabaikan. Terutama soal kebersihannya. Padahal kalian sering menggunakannya setiap hari. Ada karpet yang digunakan sebagai alas duduk, ada juga karpet untuk pijakan kaki. Diletakkan di ruang keluarga maupun di kamar tidur.

Sekilas, karpet yang kotor memang tak terlihat. Namun, cobalah untuk membersihkannya. Misalnya, dengan alat penyedot debu. Pasti kalian akan melihat banyak debu maupun kotoran yang selama ini tak terlihat oleh kasat mata.


Ada banyak cara untuk menciptakan ruangan yang sehat. Sebenarnya kegiatan bersih-bersih bukanlah hal sulit untuk dilakukan, namun memang butuh tekad kuat untuk melakukannya. Gunakan motivasi yang membuat kalian semangat. Karena hidup sehat dimulai dari lingkungan yang bersih. Jangan lupa untuk membaca tips dan trik lainnya.

18 views