Memilih Material Tepat, Lemari Pakaian Makin Awet

Lemari pakaian menjadi furniture yang wajib dimiliki di setiap rumah. Adanya lemari pakaian, ruangan tampak lebih rapi. Tidak ada lagi pakaian dan aksesoris yang berantakan. Sehingga rumah makin nyaman ditinggali.

Kini desain lemari pakaian semakin beragam. Fungsinya tidak hanya menyimpan pakaian saja, melainkan sebagai dekorasi ruangan. Keberadaan lemari pakaian juga mampu mempercantik ruangan.

Ada juga yang multifungsi, satu produk memiliki berbagai macam fungsi. Seperti yang dimiliki oleh SPIN White LPM 330. Produk terbaru dari Activ Furniture ini dapat berfungsi untuk menyimpan pakaian sekaligu meja rias. Dominasi warna putihnya juga membuat ruangan tampil lebih keren. Tentunya juga tambah nyaman.

Lemari pakaian ini memiliki kompartemen luas. Sehingga Anda dapat menyimpan pakaian dalam jumlah banyak. Ada ruang gantung yang dapat digunakan untuk long dress, mantel, dan jaket. Juga disertai dengan 6 ruang penyimpanan untuk pakaian lipat milik Anda dan keluarga. Dalam seri ini, tersedia lemari pakaian dengan dua ukuran, yaitu 2 pintu (796 mm) dan 3 pintu (1194 mm). Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Desain lemari pakaian semakin berkembang. Tidak hanya berfungsi sebagai penyimpan pakaian, lemari juga bisa untuk meja rias.
Lemari Pakaian Dan Meja Rias Dalam Satu Produk

Selain desain, material lemari pakaian perlu diperhatikan saat membelinya. Sebab, material yang digunakan pastinya berpengaruh terhadap fungsi usia lemari pakaian. Namun, setiap material memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Lantas bagaimana cara memilih material lemari pakaian yang tepat? Yuk kenali jenis material lemari pakaian agar tidak salah membeli. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.


1. Kayu Olahan

Jenis material ini paling banyak dijumpai saat Anda membeli lemari pakaian. Material kayu olahan sendiri pun memiliki banyak varian. Dua diantaranya adalah particle board dan medium density fiberboard (MDF).

Kayu olahan lebih ringan dibandingkan kayu solid. Harganya pun lebih terjangkau. Karena itu, kayu olahan sering digunakan pada furniture. Termasuk lemari pakaian. Meski demikian, setiap jenis material memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan material kayu olahan.

Bahan ini lebih rentan terhadap rayap. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena teknologi pembuatan furniture saat ini semakin canggih. Salah satunya proses finishing yang membuat material kayu olahan pada lemari pakaian semakin tahan lama. Apalagi dilengkapi dengan perawatan yang maksimal, maka Anda tidak perlu takut lagi terhadap jamur dan rayap.

Produk SPIN New White Series salah satu produk yang menggunakan material particle board. Diproses dengan mesin berteknologi canggih dari Jerman, ketahanan lemari pakaian SPIN New White Series tidak dapat diragukan.

Dominasi warna putih pada produk baru ini mampu meningkatkan kenyamanan pada ruangan. Enak dipandang. Selain itu, warna putih juga dipercaya bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Tepat bagi Anda yang memiliki ruangan sempit, namun tetap ingin memiliki lemari pakaian dengan kompartemen luas.

Particle board menjadi material yang sering digunakan pada lemari pakaian. Bersifat kuat namun tetap ringan, particle board memiliki banyak peminat.
Produk SPIN White LP 230

2. Plastik

Anda pasti sering menjumpai lemari pakaian plastik di toko-toko. Lemari pakaian dengan material plastik memiliki harga lebih terjangkau jika dibandingkan material kayu olahan. Punya bobot ringan, juga iya. Sehingga mudah dipindahkan dan bongkar pasang. Tak khayal jika lemari pakaian bermaterial plastik masih menjadi idola masyarakat.

Apalagi bahan plastik juga tahan terhadap rayap. Jadi barang yang tersimpan di dalamnya dapat lebih aman. Namun, sama halnya dengan jenis bahan lainnya, plastik juga memiliki kekurangan. Karena bobotnya yang ringan, lemari pakaian plastik hanya mampu menyimpan barang-barang yang ringan saja. Masih mudah rapuh.


3. Kaca

Material kaca memiliki keunikan tersendiri. Karena bersifat transparan, lemari kaca dapat memperlihatkan apa saja yang tersimpan di dalamnya. Kalau pakaian tertata rapi, maka view yang terbentuk pun lebih enak dipandang. Namun sebaliknya, jika berantakan, maka suasana satu ruangan turut berpengaruh menjadi tidak nyaman.

Karena itu, material kaca lebih cocok digunakan untuk lemari hias dibandingkan lemari pakaian. Hiasan maupun koleksi Anda yang tertata di lemari kaca dapat terlihat lebih cantik.

Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam pemilihan lemari kaca. Material kaca mudah pecah dan membahayakan sekitarnya. Jika ingin menggunakan lemari berbahan kaca, maka sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Begitu juga soal perawatannya. Debu maupun kotoran yang menempel pastinya lebih mudah terlihat di material kaca. Karena itu, Anda harus melakukan pembersihan secara rutin. Jika lapisan kaca terlihat bersih, maka view benda yang di dalamnya juga lebih menarik perhatian.


4. Besi

Namanya juga besi, pastinya produk yang dihasilkan lebih berat jika dibandingkan dengan jenis material lainnya. Jenis material ini lebih mudah merusak benda-benda sekitarnya, seperti lantai. Jika tidak diimbangi dengan proses finishing yang baik, material besi mudah berkarat.

Meski demikian, lemari pakaian berbahan besi juga memiliki keunggulan. Material ini tidak mudah terserang rayap dan lebih awet. Jadi barang-barang yang tersimpan lebih aman.


5. Kayu Solid

Kayu solid, seperti kayu jati, juga tak kalah menarik dengan material lainnya. Lemari pakaian berbahan kayu solid memiliki daya tarik tersendiri. Desainnya beragam dan lebih kokoh jika dibandingkan dengan material lainnya.

Hanya saja, lemari pakaian berbahan kayu solid lebih mahal dibandingkan dengan jenis material lain. Walau harganya mahal, nilainya tidak cepat turun dalam jangka waktu lama.

Lemari pakaian kayu solid juga perlu diimbangi dengan perawatan rutin. Seperti mengatur tata letaknya agar tidak mudah terserang rayap dan terkena sinar matahari secara langsung.


Itulah lima material yang sering digunakan pada lemari pakaian. Kini Anda lebih mudah menentukan lemari pakaian yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk menyempurkan dekorasi ruangan di rumah, Anda dapat membaca trik dan tips lainnya.


KEHIDUPAN LEBIH BAIK, DIMULAI SEKARANG




55 views