Jangan Asal Pilih! Ini Cara Menentukan Ukuran Lemari Pakaian Yang Tepat

Ukuran lemari pakaian menentukan prestasi #ehbukan, maksudnya ukuran lemari pakaian menentukan kenyamananmu...hehehe. Bagaimana tidak? Lemari pakaian di toko memiliki beragam ukuran. Kalian dapat menemukan lemari pakaian dengan ukuran A-Z dengan mudah.

Lantas bagaimana memilih yang sesuai? Jika semua pakaian, aksesoris, perhiasan, dan kebutuhan lainmu muat, maka dikatakan lemari pakaianmu sudah pas? Benar. Namun, tidak cukup itu saja. Ukuran lemari pakaian juga harus disesuaikan dengan luas ruangan.

Memilih lemari pakaian bukan perkara gampang. Ukuran lemari pakaian harus dipilih detail sesuai dengan kebutuhan dan space yang tersedia di kamar tidue
Menentukan Ukuran Lemari Pakaian Tepat Untuk Istirahat Maksimal

Kalau ruangan sempit, pastinya tidak cocok jika menggunakan lemari pakaian besar. Begitu juga sebaliknya, jika ruangan luas, lemari pakaian kecil terasa mengganjal pandangan mata.

Daripada bingung, bagaimana cara memilih ukuran lemari pakaian yang cocok? Ukuran lemari pakaian yang ideal dapat dilihat dari beberapa sisi, berikut ini.


Ukuran Berdasarkan Lebar Lemari

Makna lebar lemari pakaian yang dimaksud adalah ukuran kedalaman lemari, yaitu mulai pintu hingga lapisan terdalam. Standarnya, lebar lemari pakaian adalah 60 cm. Namun, tidak jarang pula menemukan lemari pakaian dengan lebar 45 cm.

Memilih ukuran lemari pakaian berdasarkan lebar ini termasuk sesuatu yang gampang-gampang susah. Namun hal ini memang jarang diperhatikan oleh orang. Alih-alih memilih ukuran lebar yang sesuai, malah sering orang mengabaikan space yang tersedia di kamarnya. Sayang bukan? Sudah terlanjur membeli lemari pakaian, namun ternyata tidak muat saat diletakkan di dalam ruangan kalian.

Belum lagi jika kalian memilih lemari pakaian dengan pintu buka-tutup. Nah, ada ukuran tambahan yang perlu diperhatikan detail. Yaitu space saat pintu lemari pakaian terbuka. Ini sekitar 50 cm. Karena itu, kalian patut memberikan space tambahan untuk membuka pintu lemari pakaian.


Ukuran Berdasarkan Panjang Lemari

Jumlah pintu digunakan sebagai standar untuk mengukur panjang lemari pakaian. Ada banyak pilihan, mulai satu pintu, dua pintu, hingga empat pintu. Standar ukuran lebar satu daun pintu lemari dengan sistem buka-tutup biasa (berengsel) berkisar 40 cm - 60 cm. Jadi semakin banyak pintu pada lemari pakaian, maka semakin banyak pula alokasi space yang dibutuhkan.

Sebelum membeli lemari pakaian, sebaiknya kalian mengukur space yang tersedia. Sebagai contoh, kalian memiliki space di kamar dengan panjang 180 cm, maka ukuran lemari pakaian yang pas adalah lemari pakaian 3 pintu.

Hemat space adalah keunggulan memiliki lemari pakaian berpintu sliding. Tepat untuk kalian yang tidak memiliki kamar tidur sempit.
Lemari Pakaian Dengan Pintu Sliding

Beda cerita lagi jika kalian ingin membeli lemari pakaian pintu sliding atau geser. Satu daun pintu geser memiliki ukuran panjang 55 cm hingga 120 cm. Jadi dengan space yang sama, 180 cm, berarti bisa menampung 1 lemari pakaian dengan 1 pintu sliding.

Activ Furniture memiliki beragam jenis ukuran lemari pakaian. Ada lemari pakaian dengan pintu buka-tutup seperti Activ SPIN Series, ada juga lemari pakaian dengan pintu geser seperti Activ SLIDE 200. Kalian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Setiap jenis lemari pakaian itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Ukuran Berdasarkan Tinggi Lemari

Lemari pakaian termasuk benda ruang yang memiliki volum. Sehingga selain panjang dan lebar, penting juga untuk memperhatikan ukuran tinggi lemari pakaian. Pada umumnya, lemari pakaian memiliki tinggi sekitar 180 cm - 200 cm.

Sebaiknya kalian menyesuaikan ukuran tinggi lemari pakaian dengan tinggi penggunanya. Ini memudahkan kalian saat akan mengambil barang di bagian atas lemari pakaian.

Namun, ada pula jenis lemari pakaian floor to ceiling, yaitu ukuran tinggi lemari pakaian penuh mulai lantai hingga plafon. Tanpa space antara bagian atas lemari dengan plafon.

Ukuran tinggi lemari pakaian floor to ceiling ini sekitar 300 cm - 350 cm. Kalian dapat menyesuaikan dengan tinggi plafon kamar tidur masing-masing. Desain floor to ceiling ini dipercaya sebagai investasi jangka panjang. Sebab, jenis lemari pakaian ini memiliki ruang penyimpanan luas hingga menjulang ke atas. Jadi kalian tidak perlu lagi membeli lemari pakaian tambahan. Selain itu, jenis lemari pakaian ini akan tampak lebih bersih. Kalian tidak perlu lagi membersihkan bagian atas karena lemari menyentuh plafon.


Ukuran Berdasarkan Batang Gantung

Sebelum membeli lemari pakaian, pastikan kalian menyesuaikan dengan kebutuhan. Terutama terkait jenis pakaian kalian. Misalnya, kalian memiliki banyak pakaian long dress, mantel, jaket yang membutuhkan ruang gantung pada lemari pakaian.

Panjang batang gantung dapat disesuaikan dengan jumlah pakaian yang ingin digantung. Semakin banyak kalian ingin menggantung pakaian, maka semakin panjang pula batang gantung yang dibutuhkan pada lemari pakaian.

Ruang gantung dibutuhkan dalam lemari pakaian untuk menyimpan jaket, dress, matel, dan pakaian panjang lainnya. Luas ruang gantung dapat disesuaikan dengan kebutuhan
Lemari Pakaian Dengan Space Penyimpanan Luas

Sebagian besar, desain lemari pakaian saat ini sudah dilengkapi dengan ruang gantung. Ruang gantung ini dibutuhkan untuk menghindari pakaian agar tidak mudah lecek. Kalian dapat mudah menemukan ruang gantung pada desain lemari pakaian Activ Furniture.


Ukuran Berdasarkan Jarak Antar Sekat Dalam Lemari

Saat melihat bagian dalam lemari, kalian akan menemukan sekat-sekat pada ruang penyimpanan. Bagian itu berbentuk ruang terbuka dan ruang tertutup. Ini memiliki ukuran tinggi standar 40 cm hingga 80 cm, sesuai dengan desain masing-masing lemari pakaian.

Semakin tinggi jarak antar sekat, maka semakin banyak kapasitas penyimpanan lemari pakaian. Ruang bersekat ini dapat mudah ditemukan di bagian atas maupun di samping ruang gantung. Kalian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, apakah membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan pakaian lipat atau pakaian gantung.

Dalam hal ini, Activ Furniture memiliki banyak jenis desain lemari pakaian. Satu lemari terdiri dari ruang gantung dan ruang simpan bersekat. Ini dapat menjadi pilihan untuk memenuhi segalam macam kebutuhan.


Jadi berapa ukuran lemari pakaian yang ideal? Semuanya tergantung dengan kebutuhan kalian masing-masing. Satu orang dengan orang lainnya pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan ulasan di atas, kini kalian dapat memilih ukuran lemari pakaian yang ideal berdasarkan kebutuhan. Jangan lupa untuk mengikuti artikel-artikel lainnya.


247 views

Recent Posts

See All