7 Tips Dekorasi Ruang Keluarga Anti Bosan

Ruang keluarga bisa disebut sebagai ruangan intimate dalam rumah. Tempat di mana keluarga berkumpul, ngobrol, hingga melakukan aktivitas bersama. Karena tergolong ruangan personal, maka tidak salahnya jika mendekorasi ruang keluarga secara rutin. Dengan begitu, tercipta ruangan yang nyaman. Keluarga makin betah berada di ruang keluarga.

Suasana nyaman dapat dipengaruhi banyak hal. Salah satunya adalah pemilihan sekaligus menata furniture yang tepat. Alih-alih membuat nyaman ditinggali, penataan furniture yang kurang tepat akan membuat ruangan membosankan atau canggung.

Menciptakan ruang keluarga yang nyaman dapat dilakukan dengan tips dekorasi ruang keluarga simple dan mudah. Anda dapat menerapkannya sekarang juga
Ruang Keluarga Yang Nyaman

Namun, jangan khawatir lagi. Anda dapat mengikuti tips dekorasi ruang keluarga simple dan mudah dilakukan berikut ini. Tips ini fleksibel diaplikasikan dalam rumah bergaya apa saja. Mau minimalis, bisa banget. Untuk tema modern, juga oke. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


1. Memulai Dari Item Yang Besar

Saat mendekorasi ruang keluarga, sangat penting untuk menentukan titik utama sebagai fondasi. Anda dapat memperhatikan furniture maupun item apa yang paling besar di ruang keluarga saat ini. Nah, itulah yang digunakan sebagai titik utama. Misalnya, lemari buku.

Setelah itu, Anda dapat menata item itu terlebih dulu. Letakkan di space yang paling lebar. Jangan menutupi perabot lainnya atau membuat ruangan tampak lebih sempit. Dengan mendahulukan item paling besar, Anda lebih mudah menata furniture maupun komponen lain yang berukuran lebih kecil.


2. Kolaborasi Beberapa Fungsi

Satu ruang untuk satu fungsi saja memang membosankan. Cobalah menggabungkan beberapa fungsi dalam satu ruang keluarga. Menciptakan dua hingga tiga zona dalam satu ruangan dapat mengubah suasana canggung jadi lebih bermanfaat.

Misalnya, zona membaca, zona nonton TV, dan zona mengobrol. Tiga zona tersebut masih nyambung jika ditata dalam satu ruang keluarga. Anda dapat memanfaatkan sudut ruangan menjadi zona membaca yang nyaman. Nah, Anda dapat menggunakan lemari hias Jazz Austin yang keren. Seri produk terbaru dari Activ Furniture ini memiliki dua pilihan ukuran dan warna. Tentunya dapat kalian sesuaikan dengan selera. Ada ukuran lemari hias dengan lebar 40 cm, ada juga yang memiliki lebar 80 cm.

Pas banget nih buat menyimpan koleksi buku maupun aksesoris Anda. Pintu swing dengan kaca dapat menampakkan isi lemari dari sisi luar. Sehingga dapat digunakan sebagai dekorasi ruang keluarga.

Lemari tersebut diletakkan terpisah dengan space menonton TV dan ruang ngobrol. Dengan begitu, setiap sudut ruang keluarga dapat bermanfaat dengan baik, bukan?


3. Jangan Menempelkan Furniture Pada Dinding

Jangan takut ruangan akan terlihat lebih sempit. Memberikan space antara furniture dan dinding dapat menciptakan suasana ruangan lebih nyaman. Sebab, tidak ada space terlalu lebar yang membuat ruangan tampak kaku.

Meski demikian, tidak dianjurkan pula untuk menata furniture saling berhimpitan. Beri jeda secukupnya ya. Untuk memberi batasan, Anda dapat menggunakan rak divider agar ruangan tampak luas.


4. Bermain Dengan Pola

Furniture maupun dekorasi dengan tepi bulat atau melengkung dipercaya dapat menghancurkan kekakuan dalam ruangan. Ini juga dapat menciptakan view yang enak di pandang.

Anda dapat menggabungkan berbagai macam pola dalam satu ruangan. Selain furniture, Anda dapat meletakkan tanaman, karpet, keranjang anyaman, dan lainnya. Berbagai macam pola tersebut membuat ruangan tampak lebih harmonis dan hangat.


5. Memanfaatkan Bidang Vertikal

Jika ingin menciptakan suasana hangat, maka jangan biarkan space dinding kosong. Anda dapat menambahkan berbagai macam hiasan dinding sesuai dengan selera. Ini kesempatan Anda untuk menciptakan suasana yang personal. Misalnya nih, Anda suka dengan karakter tanaman yang segar. Maka tambahkan wall art yang berbentuk daun maupun tanaman yang mampu mempresentasikan keinginan Anda.

Kalau Anda suka dengan barang-barang antik, maka tambahkan saja. Begitu juga bagi Anda yang memfavoritkan tema vintage, maka gunakan item-item vintage. Selain karakter favorit, tidak ada salahnya juga memasang pigora foto keluarga di dinding ruang keluarga. Dengan begitu, tercipta kehangatan sekaligus ruangan tampak instagramable.


6. Pencahayaan Yang Pas

Anda dapat memanfaatkan hue lighting untuk meningkatkan nuansa ruangan. Pasang hue lighting untuk menyoroti sketsa atau area tempat duduk. Jenis pencahayaan ini dipercaya mampu mengatur mood kita. Saat ingin menonton TV, jauhkan lampu sehingga suasana lebih gelap. Namun saat ingin membaca buku, Anda dapat memfokuskan hue lighting ke area baca.


7. Memilih Furniture Yang Long-Lasting

Ini penting bagi Anda yang low budget. Anda tidak perlu menguras kantong dalam mendekorasi ruang keluarga. Anda dapat mengutamakan perabot-perabot berlabel “wajib beli.” Misalnya sofa dan Rak TV. Lemari hias jika Anda memiliki koleksi buku maupun aksesori lainnya. Pembelian item selanjutnya dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda ya.

Membeli furniture layaknya investasi.

Jangan asal memilih furniture. Pemilihan furniture yang awet dianggap penting, agar lebih hemat
Memilih Furniture Yang Tepat

Sebaiknya Anda memilih furniture yang long lasting, awet dari segi bahan maupun desainnya. Jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget lagi dalam jangka pendek. Dalam hal ini, produk Jazz Austin dapat menjadi solusi Anda. Dirancang dari bahan-bahan berkualitas tinggi, membuat produk Jazz Austin tahan lama. Desain minimalis yang dimiliki produk ini juga tak lekang oleh waktu.


Dengan 7 tips dekorasi ruang keluarga di atas, dijamin Anda makin betah dan nyaman. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mencoba tips dekorasi rumah pada artikel lainnya.


Kehidupan Lebih Baik, Dimulai Sekarang!

37 views

Recent Posts

See All