7 Cara Menghilangkan Jamur Pada Furniture Kayu Secara Mudah

Jamur menjadi musuh bebuyutan dari furniture kayu. Apalagi musim hujan seperti saat ini dengan tingginya tingkat kelembaban, peluang jamur muncul semakin besar. Sirkulasi udara dalam ruangan yang rendah juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan jamur.

Nggak hanya itu saja, khususnya bagi Anda yang malas membersihkan furniture di rumah. Ternyata debu dan kotoran yang menempel di furniture kayu bersifat menyerap kadar air di udara sekitar. Ini menciptakan permukaan furniture yang lembab. Semakin banyak debu dan kotoran yang menempel, semakin tinggi tingkat kelembaban pada furniture. Tentu saja ini bisa menjadi lahan subur untuk pertumbuhan jamur.

Timbulnya jamur tentunya sangat mengganggu. Selain tidak enak dipandang, adanya jamur ini juga berpotensi mengganggu kesehatan, seperti batuk dan gatal-gatal. Apalagi ada banyak jenis jamur yang merugikan. Bahkan ada juga yang beracun.

Peluang jamur timbul pada area lembab. Karena itu, meletakkan furniture di area dengan sirkulasi cukup sangat membantu untuk mencegah timbulnya jamur
Sirkulasi Udara Cukup

Siapa sih yang menginginkan hal tersebut terjadi? Tentu saja, tidak ada. Jadi, sangat dianjurkan untuk melakukan pencegahan sebelum hal terburuk terjadi. Sebagai langkah pencegahan, Anda sebaiknya meletakkan furniture di tempat yang kering atau sirkulasi udara cukup.

Namun, jangan khawatir jika Anda sudah melihat furniture di rumah mulai berjamur. Anda dapat mengikuti cara menghilangkan jamur pada furniture kayu berikut ini.


1. Menjemur Furniture Di Bawah Sinar Matahari

Cara mudah menghilangkan jamur pada furniture kayu adalah menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Jamur rentan tumbuh pada furniture karena kelembaban udara tinggi. Paparan sinar matahari akan menghambat jamur berkembang biak semakin banyak. Bahkan dapat membuat jamur mati.

Anda dapat menjemur furniture kayu selama kurang lebih setengah jam setiap hari secara rutin. Namun, Anda perlu memperhatikan bahan furniture. Sebab, tidak semua material furniture tahan terhadap sinar matahari langsung. Alih-alih dapat membunuh jamur, warna furniture Anda akan pudar.

Untuk itu, Anda sebaiknya memilih produk furniture berkualitas bagus. Selain lebih tahan terhadap sinar matahari, material berkualitas bagus mampu mencegah timbulnya jamur. Seperti yang dimiliki oleh produk-produk Activ Furniture.


2. Menggunakan Cairan Pembersih

Ada banyak cairan pembersih jamur yang dijual di pasaran saat ini. Anda dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan cairan pembersih itu pada bagian furniture yang berjamur. Lakukan hal tersebut berulang kali sampai jamur yang menempel benar-benar hilang. Ini adalah cara mudah untuk menghilangkan jamur pada furniture kayu.


3. Mengoleskan Alkohol

Kalau cairan pembersih susah didapatkan, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan alkohol dengan kadar 70%. Harga alkohol juga terbilang murah. Anda dapat memanfaatkan kain lap kering. Lalu, teteskan alkohol pada lap kering itu secukupnya.

Kemudian, oleskan pada permukaan furniture kayu yang terserang jamur. Lakukan berulang kali hingga jamur benar-benar hilang. Alkohol ini juga mampu mencegah jamur tumbuh kembali.

Meski cara ini mudah dilakukan, Anda perlu berhati-hati. Kita tidak tahu seberapa bahayanya jamur yang menempel pada furniture Anda. Sebaiknya, Anda menggunakan sarung tangan untuk mempekecil peluang tangan bersentuhan dengan jamur secara langsung. Bila perlu gunakan juga kacamata pelindung dan masker wajah.


4. Menggunakan Larutan Jeruk Nipis Dan Garam

Selain alkohol, cara menghilangkan jamur pada furniture juga dapat dilakukan dengan bahan alami, seperti jeruk nipis dan alkohol. Dua bahan ini sangat mudah ditemukan, mengingat seringkali digunakan dalam memasak setiap hari.

Campurkan perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Setelah itu, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas dan celupkan ke dalam larutan jeruk nipis dan garam. Lalu, gosok ke bagian furniture yang berjamur dengan sikat gigi tersebut. Lakukan berulang kali hingga jamur menghilang.

Anda juga dapat menaburkan garam di atas permukaan berjamur secara langsung. Setelah itu, gosok bagian itu secara perlahan dengan jeruk nipis yang sudah dibelah menjadi dua bagian. Jika jamur sudah menghilang, jangan lupa mengeringkan bagian itu dengan cara mengipasnya. Mudah, bukan?


5. Meletakkan Kamper Di Dalam Furniture

Potensi pertumbuhan jamur di dalam furniture lebih besar dibandingkan di bagian luarnya. Selain menyebabkan furniture rusak, adanya jamur ini menciptakan bau kurang sedap. Barang-barang, seperti pakaian, sepatu, dan buku, secara otomatis akan terpengaruh.

Sebelum hal tersebut terjadi, Anda dapat meletakkan kamper di dalam furniture. Misalnya, di dalam lemari pakaian. Aroma kamper mampu menghambat pertumbuhan jamur. Jangan lupa mengganti kamper baru setelah kamper yang lama sudah habis.

Meletakkan kamper menjadi salah satu cara untuk mencegah jamur muncul. Lemari pakaian Activ Furniture memiliki bahan yang awet
Melindungi Furniture Dari Jamur

Ada baiknya juga jika Anda memperhatikan betul desain pada furniture. Terutama pada produk dengan potensi pertumbuhan jamur besar, seperti rak sepatu. Tidak ada salahnya jika Anda memilih rak sepatu yang memiliki lubang sirkulasi udara. Ini dapat mencegah timbulnya jamur, seperti yang dimiliki produk Activ Furniture.


6. Memasang Lampu Di Dekat Furniture

Jamur muncul juga dapat disebabkan oleh pencahayaan yang minim di dalam ruangan. Nah untuk itu, Anda dapat memesang lampu neon di ruangan, terutama dekat dengan furniture kayu. Panas lampu dipercaya ampuh untuk mencegah sekaligus membunuh jamur yang sudah tumbuh. Anda juga dapat memasang lampu di dalam lemari pakaian. Sehingga terhindar dari ruang penyimpanan dalam lemari yang gelap dan lembab.

Pemasangan lampu ini dirasa tepat bagi furniture yang rentan terhadap sinar matahari. Tidak semua bahan furniture tahan terhadap paparan sinar matahari secera langsung. Sebagai gantinya, Anda dapat memanfaatkan lampu. Material akan lebih awet, jamur pun hilang.


7. Melapisi Dengan Pernis Atau Melamin

Bahan pernis maupun melamin seringkali digunakan dalam proses finishing pembuatan furniture. Namun, dua bahan ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan kayu saja. Melainkan, bisa juga efektif mencegah pertumbuhan jamur.

Bagaimana caranya? Bersihkan jamur dengan lap kering. Setelah itu, oleskan dengan pernis atau melamin. Pilihlah warna pernis yang sesuai dengan warna furniture Anda. Jamur akan hilang, keindahan furniture Anda pun kembali.


Ada banyak cara menghilangkan jamur pada furniture kayu. Anda dapat mempraktekkan cara-cara di atas dengan mudah. Pastikan juga merawat furniture dengan baik sehingga jamur tidak akan datang lagi. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


KEHIDUPAN LEBIH BAIK, DIMULAI SEKARANG!

578 views