6 Trik Jitu Menata Ruangan Minimalis Agar Lebih Praktis

Minimalis menjadi gaya interior yang memiliki banyak penggemar. Semakin banyak orang memilih untuk menjalani kehidupan yang sederhana. Tidak heran apabila desain minimalis memenuhi feed Instagram maupun Pinterest.

Orang-orang say good bye pada keribetan. Mereka lebih suka berinvestasi pada produk-produk bagus yang berumur panjang, dibandingkan mengisi interior dengan barang-barang yang tak berarti. Gaya ini juga menuntut Anda untuk mengurangi perabot hingga ke esensial saja. Sehingga Anda memiliki objek terbatas namun tetap dapat berfungsi maksimal.

Desain minimalis tak melulu motonon atau membosankan. Anda dapat mengikuti trik berikut ini.
Dekorasi Ruangan Dengan Jazz Austin SB 120

Tapi, dibutuhkan “seni” untuk mendesain interior minimalis. Karena menyederhanakan terlalu banyak juga butuh usaha ekstra. Bahkan berisiko menciptakan ruang yang dingin dan tak menarik. Tenang saja, soal itu, Anda cukup duduk manis, ikuti trik menata ruang minimalis berikut ini.


1. Menciptakan Suasana Personal

Ruangan minimalis tidak harus kosong dari kepribadian. Desain minimalis yang keren dapat mencerminkan selera pemiliknya dan cara mereka tinggal di ruang tersebut. Baik itu di dalam tata letak interior maupun pilihan interior.

Rumah perlu mengakomodasi cara hidup Anda. Agar Anda menyukai atau betah berlama-lama di rumah, Anda harus meletakkan barang-barang yang bersifat personal, entah itu foto besar di dinding atau koleksi pribadi. Kini Anda dapat menggunakan lemari hias Jazz Austin Series LH 40 atau LH 80, sebagai ruang simpan barang-barang kesayangan Anda. Dengan pintu kaca, tatanan koleksi itu dapat mempercantik dekorasi ruangan. Ini dapat menjadi trik menata ruang minimalis yang mudah diaplikasikan.


2. Memaksimalkan Penyimpanan

Minimalis memang mengandung jumlah perabot yang sedikit. Namun, itu bukan berarti barang-barang Anda jadi berantakan dimana-mana. Anda dapat memilih furniture berdesain minimalis dengan ruang penyimpanan maksimal. Dengan begitu, Anda bisa menjaga ruangan tetap rapi tanpa harus menggunakan banyak perabot.

Seperti punya produk Jazz Austin SB 120. Sideboard minimalis punya ruang penyimpanan luas dan banyak. Terdiri dari 4 ruang penyimpanan tertutup, 2 laci, dan 1 ruang terbuka. Anda dapat menyimpan berbagai macam koleksi Anda, mulai ukuran terkecil hingga besar.

Pada bagian atas, Anda dapat meletakkan hiasan meja maupun tanaman hias . Tapi Anda harus tetap ingat, jangan meletakkan barang terlalu banyak. Hanya perlu secukupnya. Jadi, makna dari desain minimalis tidak hilang.


3. Membuat Dasar Warna Netral

Trik menata ruang minimalis selanjutnya adalah bermain warna. Ruangan minimalis selalu dimulai dengan dasar netral. Ini menciptakan lingkungan yang tenang dan segar. Misalnya, warna dasar yang sering digunakan adalah putih. Selanjutnya Anda dapat memadukan dengan warna netral lainnya, antara lain abu-abu, cokelat, dan krem.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus menghindari dekorasi warna-warna cerah. Aturannya hanya menggunakan elemen dekoratif, tanpa membebani rumah dengan banyak hal. Pilihlah satu wall art sebagai titik fokus dalam ruangan.


4. Bermain Dengan Tekstur

Untuk menghindari interior minimalis terasa dingin atau hambar, Anda dapat menambahkan tekstur melalui kain. Misalnya, pada sarung bantal kursi atau juga bisa menggunakan wallpaper bertekstur berwarna mint. Itu sangat membantu untuk menambah kehangatan dan daya tarik. Ruangan minimalis Anda kini tak lagi membosankan. Anda semakin betah berlama-lama dalam ruangan tersebut.


5. Investasi Dalam Kualitas

Lebih mengutamakan kualitas, daripada kuantitas. Itulah prinsip yang dipegang dalam interior minimalis. Anda dapat memilih furniture yang awet, sehingga dapat bertahan dalam jangka panjang. Panjang-pendeknya usia furniture tergantung pada bahan-bahan utama yang digunakan dalam produksi. Anda harus memilih furniture dengan bahan berkualitas bagus.

Misalnya, yang dimiliki produk-produk Activ Furniture. Ada banyak jenis furniture yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada furniture ruang keluarga, ada juga furniture untuk ruang makan. Lengkapi juga dengan furniture dapur. Selain itu, furniture untuk kamar tidur juga tak kalah menarik.


6. Menonjolkan Garis Dan Lekukan Yang Jelas

Furniture dan objek dalam desain minimalis sebagian besar menampilkan garis dan lekukan yang jelas. Serta permukaan datar yang bersih. Seperti yang terlihat pada produk Activ Furniture KOFI White Series pada gambar dibawah ini.

Produk kitchen KOFI Series yang berdesain minimalis dengan menonjolkan garis dan lekukan.
Garis Dan Lekukan Terlihat Jelas

Furniture dapur ini memiliki lemari, laci, dan pintu yang terdefinisi dengan baik. Dominasi permukaan datar. Garis-garis bersih dipastikan dengan tidak banyak pegangan pada lemari dapur. Hal ini dapat menyejukkan pandangan mata.


Sudah mengikuti trik jitu menata ruangan minimalis di atas? Kini ruangan minimalis Anda pastinya terasa lebih nyaman dan tidak membosankan. Jangan lupa sempurnakan dekorasi ruangan rumah Anda dengan tips-tips lainnya.


KEHIDUPAN LEBIH BAIK, DIMULAI SEKARANG

49 views