6 Cara Menghilangkan Rayap Pada Furniture Kayu Kesayangan

Aduh! Banyak rayap muncul! Suka bete nggak sih kalau tiba-tiba lihat rayap muncul di salah satu furniture kesayangan Anda. Terutama furniture berbahan kayu olahan, seperti particle board, MDF, dan lainnya.

Munculnya rayap dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Kelembaban udara menjadi faktor utama pengundang kehadiran rayap. Karena itu, kualitas bahan kayu yang digunakan pada Nggak hanya satu atau dua ekor saja, mereka hadir dalam jumlah banyak atau koloni. Hama pemakan kayu ini dapat membuat furniture keropos bahkan rusak dalam waktu singkat. Sayang sekali bukan kalau melihat lemari pakaian, Rak TV, maupun perabot lainnya rusak hanya dikarenakan rayap.

Munculnya rayap sangat mengganggu. Rayap dapat menyebabkan furniture menjadi rusak. Kalau sudah muncul rayap, segera hilangkan segera dengan 6 cara berikut ini.
Rayap Hilang, Furniture Makin Awet

Pencegahan agar tidak muncul rayap adalah meletakkan furniture di ruangan dengan sirkulasi cukup atau tidak terlalu lembab. Selain itu, pemilihan material furniture yang tepat juga berpengaruh. Tapi…tapi…bagaimana kalau rayap sudah terlanjur hadir? Tenang bestie, masih ada solusinya. Kalian dapat membasmi rayap-rayap tersebut untuk menyelamatkan keberlangsungan hidup furniture. Berikut adalah cara menghilangkan rayap pada furniture kayu.


1. Menjemur Furniture Di Bawah Sinar Matahari

Rayap sangat suka dengan ruangan yang lembab atau jauh dari jangkauan sinar matahari. Sebaliknya, kalian dapat menggunakan sinar matahari sebagai senjata untuk membasmi rayap yang sudah muncul di lemari pakaian maupun perabot kayu.

Kalian dapat memindahkan perabot yang terkena rayap di ruangan dengan sirkulasi udara cukup atau banyak mendapatkan sinar matahari. Kalau tidak mampu mengusir rayap, kalian dapat langsung menjemur furniture tersebut di halaman yang terkena sinar matahari secara langsung. Biarkan sesaat hingga rayap-rayap kabur, lalu bawa kembali furniture ke dalam rumah.


2. Memasang Jebakan Kardus

Cara ini terbilang mudah. Kalian cukup menggunakan kardus yang sudah tak terpakai. Lalu basahi dengan air secukupnya. Tidak perlu sampai basah total, cukup menciptakan suasana lembab yang disukai oleh rayap.

Selanjutnya, kalian dapat meletakkan kardus basah itu di sarang rayap pada furniture. Biarkan hingga rayap-rayap tersebut pindah ke kardus basah. Kalau rayap sudah hilang dari furniture, kalian dapat membuang jebakan kardus itu dan membakarnya. Beres deh.


3. Menggunakan Asam Borat

Rayap juga dapat diusir dengan senyawa kimia, yaitu asam borat atau dikenal dengan boric acid. Bahan kimia berbentuk cairan ini dikenal ampuh membasmi serangga, seperti rayap. Asam borat ini dipercaya mampu bekerja cepat dan ampuh mengatasi rayap dengan mudah dalam waktu singkat. Bagaimana caranya? Penggunaannya juga terbilang gampang. Campur senyawa kimia ini dengan air secukupnya lalu masukkan ke dalam botol semprotan.

Selanjutnya, semprotkan ke sarang rayap pada furniture. Tunggu beberapa saat, rayap akan mati seketika.


4. Memanfaatkan Larutan Garam

Selain asam borat, kalian juga dapat menggunakan larutan garam untuk membunuh rayap-rayap. Cara ini dapat dikatakan mudah dan murah meriah. Kalian cukup menggunakan garam dapur secukupnya lalu larutkan dengan air.

Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkannya ke dalam botol. Setelah itu, semprotkan ke area sarang rayap. Tunggu hingga rayap mati lalu bersihkan sisa kotorannya.


5. Bisa Juga Dengan Rendaman Tembakau

Cairan dari rendaman tembakau juga dipercaya mampu mengusir rayap-rayap. Gunakan tembakau secukupnya lalu rendam di dalam air hingga muncul aroma kuat.

Lemari pakaian seringkali menjadi furniture yang terserang oleh rayap. Hal ini dikarenakan penempatan di ruang yang terlalu lembab. Kalau sudah muncul rayap, segera hilangkan.
Menghilangkan Rayap Pada Furniture Kayu

Setelah itu, saring ampasnya lalu buang. Cairan rendaman tembakau itu dapat dimasukkan ke dalam botol semprotan agar pemakaiannya lebih mudah. Sama halnya dengan langkah sebelumnya, cairan tembakau ini disempotkan ke area sarang rayap pada lemari pakaian atau perabot lain yang terkena. Jika belum mati, semprot ulang.


6. Memakai Kapur Barus

Jenis kapur ini pastinya sering kalian temukan. Bisa jadi kapur yang selalu ada di setiap rumah. Keberadaannya sangat dibutuhkan. Kapur barus dapat mengusir segala macam serangga yang mengganggu, seperti semut, kecoa, dan rayap.

Pemakaiannya juga mudah. Kalian cukup mengoleskan kapur barus ke area sarang rayap. Aromanya sangat tidak disukai oleh rayap. Sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya. Karena tidak bertahan lama, kalian bisa mengoleskan kapur secara rutin untuk mencegah rayap datang kembali.


Itulah 6 cara menghilangkan rayap pada furniture kayu. Kalian dapat mencoba beberapa cara tersebut hingga rayap tidak kembali lagi. Selain melakukan pengusiran, alangkah baiknya kalian juga melakukan pencegahan agar rayap tidak sampai muncul. Jangan lupa membaca artikel lainnya.


KEHIDUPAN LEBIH BAIK, DIMULAI SEKARANG


466 views

Recent Posts

See All